3 Hal Menarik dari Motor Scooter Honda Forza 250

Berbicara mengenai motor scooter, tidak lengkap rasanya bila tidak membahas soal persaingan antara Yamaha dan Honda dalam menciptakan produk scooter matic terbaik dengan kelebihan masing-masing.

Namun kali kita tidak membahas tentang komparasi maupun persaingan kedua, melainkan kemunculan pesaing terkuat NMX, yakni Honda Forza 250.

Honda Forza 250 adalah motor matic jimbot yang keluar beberapa waktu yang lalu. Jika dilihat, bentuk dan lekukan motor ini hampir menyaingi MAX series. Dan jelas, hal itu amat menyita perhatian mengingat hanya MAX serieslah yang menguasai kelas motor Jimbot di 2 tahun terakhir.

Baik, tanpa panjang lebar lagi, mari kita ulas bagaimana kualitas dan tampilan motor scooter yang satu ini.

  • Tampilan motor scooter Honda Forza 250 sangat jelas menantang MAX series dan mengganggu pasar Yamaha

MAX series, hampir semuanya, memiliki ban tubeless berdiameter kecil dengan lebar ban yang luas. Hal ini memungkinkan pengendara mengendalikan laju motor dengan lebih mudah.

Berbanding terbaik dengan PCX, motor scooter ini memiliki lebar ban yang jauh lebih kecil. Sehingga wajar bila banyak keluhan tentang sulitnya mengendalikan PCX atau tidak stabilnya laju PCX di jalan.

Nah, untuk menjawab permasalahan itu, dan tentunya merusak pasar Yamaha, motor scooter Forza 250 pun hadir dengan mengusung desain dan fitur badan yang hampir mirip dengan MAX series.

Mengapa kita bilang hampir mirip? Sebab, selain lebar ban yang besar, sock breaker/sock absorber milik Forza juga distel mirip dengan MAX series. Bentuknya agak terbuka dan body depan yang dibiarkan ke atas.

Selain sock depan, kursi dan bentuk body Forza pun jelas-jelas amat mirip dengan MAX series. Body Forza dibuat ramping mengikuti body MAX. Selain itu, bentuk jok dan dudukan depan jok pun sangat-sangat mirip.

Baca Juga :  Cek Pajak Motor: Cara Balik Nama Motor

Baik, sampai di sini—khususnya soal body—fix, Forza bisa dibilang “menjiplak” MAX Series dalam makna positif untuk bersaing.

  • Soal mesin, motor scooter Forza 250 menggunakan mesin khas Honda PGM-FI

Sebagai motor jimbot, kapasitas mesin cukup baik. Menggunakan mesin PGM-FI khas Honda mesin dirasa cukup baik untuk kualitas motor jimbot di Indonesia.

Kepasitas mesin Forza 250 sendiri sekitar 248cc. Menggunakan mesin 4 langkah membuat motor scooter ini memiliki efisiensi yang cukup baik. Dengan dapur pacu tersebut, Forza 250 dapat menciptakan 19 HP/7.500 rpm dengan torsi maksimal 21.,1 NM/5.500 rpm. Di samping itu, dapur pacu Forza 250 juga dikawinkan dengan transmisi CVT V-Belt yang memungkinkan pengguna merasakan sensasi terbaik dalam mengendarai motor matic.

  • Kenyamanan menjadi hal nomor satu bagi motor scooter Honda Forza 250

Ya, seperti yang telah diketahui, motor ini mempunyai dimensi yang cukup ramping dibanding PCX. Hal itu tentu mempengaruhi kenyamanan pengguna Forza. Di samping itu, motor ini juga dilengkapi dengan Twin Shock di bagian belakang. Hal itu menambah kenyamanan pengguna dalam berkendara, khususnya dalam melewati marka kejut.

Tidak berhenti sampai di situ. Untuk menghindari selip saat pengereman, Honda juga membenamkan sistem ABS pada motor scooter ini. Dengan sistem tersebut, pengguna akan sangat terhindar dari bahaya kecelakaan akibat pengereman yang mengunci.

Oh, ya. Satu lagi terkait dengan kenyamanan. Jadi, Honda Forza 250 juga dilengkapi dengan kemudi yang nyaman, lengkap dengan speedometer yang futuristik dan modern. Bahan kemudi pun cukup empuk, sehingga mengurangi rasa pegal bagi pengendara.

Nah, itulah tadi beberapa hal menarik seputar motor scooter Forza 250. Untuk kamu yang berniat membeli motor ini, yuk, cek dan simak ulasan lengkapnya agar tidak menyesal.

Baca Juga :  Cara Memilih Motor Nmax Agar Tidak Salah Pilih