Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kredit Mobil Bekas!

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kredit Mobil Bekas! Masyarakat modern tidak lagi memposisikan mobil sebagai kendaraan pribadi atau sebagian dari kebutuhan tersiernya. Sekarang peran mobil telah berubah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern, terutama bagi kaum urban. Itulah mengapa saat ini jumlah pemilik kendaraan semakin meningkat. Kemudahan mendapatkan mobil juga merupakan salah satu pemicu fenomena ini.

Bahkan sekarang ada pinjaman mobil bekas yang tentu saja memudahkan orang untuk mendapatkan mobil dan cicilan yang lebih terjangkau. Bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan harga lebih terjangkau dan angsuran, membeli mobil bekas secara kredit bisa menjadi pilihan. Tetapi Anda juga harus berhati-hati. Agar tidak membuat pilihan yang salah, penting untuk mengetahui seluk beluk kredit mobil terlebih dahulu.

Apa yang Dimaksud dengan Kredit Mobil?

Kredit mobil sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kredit mobil baru. Prinsipnya adalah membeli mobil dengan angsuran. Jumlah angsuran disesuaikan untuk periode dan uang muka yang diberikan sebelumnya. Namun dalam beberapa kasus memang ada perbedaan mendasar antara kredit mobil baru dan pinjaman mobil bekas.

Tidak seperti membeli mobil baru, membeli mobil bekas tentu tidak harus melalui showroom. Bahkan, banyak pembelian mobil bekas dilakukan secara individu tanpa melibatkan entitas bisnis besar. Namun, saat ini ada juga beberapa dealer yang khusus menyediakan berbagai pilihan mobil bekas. Untuk memilih mobil krediatn yang bagus, coba pilihlah all new brio 2018 ini.

Seperti pinjaman mobil baru, pinjaman mobil bekas juga membutuhkan penyedia kredit. Pesta ini nantinya akan memberikan dana pinjaman kepada pembeli mobil bekas. Dan sebagai catatan, pinjaman mobil kedua bisa lebih mahal dalam beberapa hal. Itu karena uang muka dan suku bunga yang ditetapkan untuk pinjaman mobil ini lebih tinggi daripada uang muka dan suku bunga kredit mobil baru.

Tempat untuk Kredit Mobil Bekas

Seperti disebutkan sebelumnya, penyedia kredit memiliki peran penting dalam proses pinjaman mobil bekas. Dari mereka, Anda mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk menutupi biaya membeli mobil bekas, dan mereka juga membayar angsuran kredit setiap bulan.

Pada dasarnya penyedia kredit mobil bekas tidak jauh berbeda dengan penyedia kredit mobil baru. Setidaknya ada 2 penyedia kredit yang dapat Anda pertimbangkan untuk membeli mobil bekas secara kredit. Kedua pihak termasuk:

Leasing Kendaraan Bermotor. Bisa dibilang ini adalah pihak yang paling sering meminta bantuan untuk pinjaman mobil. Leasing kendaraan bermotor menyediakan dana bagi mereka yang ingin membeli kendaraan secara kredit. Prosesnya juga cukup mudah. Dan dengan banyak perusahaan leasing, Anda memiliki kebebasan untuk menentukan sewa mana yang akan Anda pilih.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan dana dari pihak leasing. Setelah semua persyaratan terpenuhi, penyedia kredit akan melakukan survei dan memberikan hasilnya kepada Anda setidaknya selama 2 hingga 3 hari.

Bank. Ya, bank juga menyediakan layanan pinjaman kendaraan. Bank memiliki program pinjaman khusus yang disebut Kredit Kendaraan atau KKB untuk mengakomodasi mereka yang ingin mengajukan pinjaman mobil. Mengajukan kredit mobil ke bank memiliki beberapa keuntungan.

Selain menjadi lebih kuat dalam hal keuangan, suku bunga pinjaman bank juga relatif rendah, berkisar antara hanya 4% hingga 6%. Tetapi untuk pinjaman mobil bekas, bunga terbesar umumnya adalah 6%. Hanya saja aplikasi kredit melalui bank relatif lebih sulit dengan persyaratan yang cukup ketat.

Baca Juga :  Spesifikasi, Harga dan Fitur Motor Nmax Terbaru