Mau Ganti Oli Motor? Perhatikan Dulu Hal Ini

Ganti oli motor adalah hal penting yang perlu para bikers perhatikan. Jika diibaratkan, oli bagaikan darah dalam tubuh manusia. Oli atau pelumas berfungsi penting dalam sirkulasi mesin. Sesuai namanya, oli ini bekerja dengan melumasi dan mendinginkan komponen-komponen mesin motor. Penggantian oli motor harus dilakukan secara berkala untuk menjaga kesehatan mesin motor. Keterlambatan penggantian oli dapat meningkatkan tingkat keausan mesin. Supaya performa motormu tetap oke, berikut ini 3 hal yang perlu kamu perhatian saat ganti oli motor.

Periode Ganti Oli

Jadwal penggantian oli motor secara rutin berdasarkan rekomendasi pabrikan sepeda motor biasanya harus dilakukan setiap motormu menempuh 4.000 kilometer. Namun, jarak tempuh tersebut tidak baku, bisa saja berbeda karena faktor kondisi lalu lintas yang dilalui. Untuk kondisi lalu lintas padat dan sering terjadi kemacetan seperti di Jakarta, periode penggantian oli bisa menjadi lebih cepat daripada kondisi lalu lintas yang lancar. Jika rekomendasi pabrikan adalah 4.000 kilometer, kamu yang sering menggunakan motor untuk jarak jauh setiap hari sebaiknya melakukan penggantian oli setiap menempuh jarak 2.000 kilometer. Hal tersebut disebabkan jalanan yang macet membuat kerja mesin motor lebih berat. Pada saat itu, mesin bekerja dalam rpm tinggi, tetapi kecepatan rendah. Tidak hanya itu, mesin juga harus tetap menyala dalam kondisi motor yang berhenti karena macet parah. Kondisi mesin motor yang berada dalam keadaan panas secara terus menerus membuat volume oli menyusut karena terjadi penguapan. Akibatnya, proses pelumasan dan pendinginan mesin menjadi tidak optimal.

Isi Oli Sesuai Takaran

Dalam mengganti oli, ada istilah ganti oli periodik dan ganti. Hal ini perlu kamu perhatikan karena berpengaruh pada volume oli yang dipakai. Ganti oli periodik biasanya dilakukan sesuai dengan takaran volume yang tertera di crankcase sebelah kanan. Pabrikan sepeda motor biasanya mencantumkan volume oli untuk ganti periodik. Untuk motor bebek dan skutik, takaran volume olinya antara 700-800 ml. Sementara itu, ganti total biasanya dilakukan setelah turun mesin atau flushing mesin. Pada ganti total ini, oli di bak karter dikuras habis. Sebelum mengisi kembali oli, baca dan perhatikan buku panduan pemilik tentang volume oli maksimum yang dibutuhkan untuk isi baru.

Baca Juga :  Penampilan Mobil Rush Terbaru

ganti oli motor

Pengisian oli yang tidak sesuai anjuran dapat menyebabkan masalah pada mesin motormu. Hal ini tidak menjadi masalah jika takaran pengisian oli lebih dari yang dianjurkan. Masalah akan muncul jika pengisian oli kurang dari takaran yang dianjurkan. Kemungkinan dampak yang bisa ditimbulkan adalah kebocoran seal, ring piston, atau silinder aus yang menyebabkan oli menjadi rembes atau ikut terbakar bersama bensin. Selain itu, kurangnya volume oli juga dapat menyebabkan mesin cepat panas dan pada akhirnya akan merusak komponen yang ada di dalam mesin motor.

Ganti Oli Sendiri

Banyak yang mengira proses penggantian oli adalah aktivitas yang sulit dilakukan dan hanya bisa dilakukan di bengkel. Sebenarnya, ganti oli cukup mudah, tapi memang membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk membuta tutup bak karter di kolong motor yang cukup keras. Alat-alat yang dibutuhkan ontuk mengganti oli jug acukup sederhana, yaitu kunci 17 untuk membuka dan menutup baut pembuangan di bak karter dan tang untuk membuka dan menutup dipstick.

Saat melakukan penggantian oli, sebaiknya tunggu hingga mesin dingin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar baut oli tidak slek saat dibuka dan oli lebih banyak turun ke crankcase.

Siapkan baskom atau wadah. Gunanya adalah untuk menampung oli bekas. Letakkan baskom itu di bawah lubang pembuangan bak karter.

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk mengganti oli motor sendiri adalah buka tutup dipstick terlebih dahulu. Kemudian, buka baut pembuangan. Biarkan oli bekas keluar.

Setelah tidak ada lagi oli bekas yang keluar, tutup baut pembuangan. Saat menutup kembali baut pembuangan, kamu perlu berhati-hati. Jangan sampai miring karena bisa menyebabkan oli bocor ke luar.

Baca Juga :  Spesifikasi, Harga dan Fitur Motor Nmax Terbaru

Kemudian, masukkan oli baru. Setelah itu, tutup kembali tutup dipstick.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat mengganti oli motor supaya performa dan kesehatan motormu tetap terjaga. Bagaimana, ganti oli motor sendiri mudah, kan?