Mengenal Aki Motobatt, Apa Sih Istimewanya?

Memiliki kendaraan bermotor sendiri berarti kita juga harus siap dengan berbagai konsekuensi. Mulai dari biaya bensin, biaya perawatan rutin seperti cuci dan poles, biaya pajak dan tentu saja, biaya komponen. Mau tidak mau, kita juga sedikit sedikit memahami komponen kendaraan bermotor kita. Salah satu komponen terpentingnya adalah aki. Aki ini layaknya jantung pada tubuh manusia, aki memberikan suplai listrik ke seluruh komponen listrik yang ada pada kendaraan.

Aki digunakan untuk segala aktivitas kelistrikan seperti menyalakan lampu, starter kendaraan, klakson, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jangan sampai memilih aki sembarangan. Aki memang memiliki umur pemakaian, namun dibandingkan jenis aki basah, aki kering memiliki usia pakai lebih panjang. Adalah aki Motobatt, merk aki yang cukup terkenal di Indonesia, lebih tepatnya sekitar 5 tahun lalu.

Meski dinamakan aki kering, aki Motobatt tidak sepenuhnya kering karena didalamnya berisi gel. Gel ini merupakan penghantar elektrolit yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Dengan terkenalnya aki ini, tentu banyak yang bertanya, apa sih keistimewaan aki Motobatt? Penasaran juga? Yuk simak artikelnya.

Mengenal Aki Motobatt, Apa Sih Istimewanya?

Daya Tahan Baik

Bahan pengisi aki kering sudah tentu bukan berisi cairan biasa seperti aki konvensional. Aki kering ini berisi gel yang membuat daya hantar listrik lebih baik. Karena efektivitas daya hantar yang lebih baik ini, tentu menambah ketahanan daya dari aki itu sendiri. Selain itu karena berbentuk gel, jangan khawatir aki ini rusak saat digoyang atau dalam posisi terbalik sekali pun. Dengan begitu, daya tahannya tentu lebih lama masa pakainya.

Daya Ampere Lebih Besar

Aki Motobatt juga memiliki daya ampere lebih besar dibandingkan aki konvensional maupun aki sejenis dengan merk lain. Daya ampere yang lebih besar ini tentu saja berdampak pada kelistrikan kendaraan yang lebih baik. Untuk menghidupkan mesin mudah, kelistrikannya pun stabil serta lampu lampunya tidak redup. Penggunaan gel ini membuat daya ampere aki tetap stabil sekalipun kendaraan tidak digunakan setiap hari. Bahkan pada kasus yang ekstrem, motor tidak dipakai dalam 2 bulan sekalui pun, ampere aki hanya turun sedikit dan masih bisa digunakan untuk menghidupkan mesin.

Minim Perawatan

Keuntungan yang paling menarik dari penggunaan aki Motobatt ini adalah minimnya perawatan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, karena stabilnya ampere listrik yang dihasilkan, Anda tidak perlu menstarter atau memanaskan mesin mobil setiap hari hanya untuk menjaga aki tidak drop. Kemudian, dibandingkan dengan aki basah, Anda juga tidak perlu repot memperhatikan ketinggian air pada kaki aki. Jika Anda sampai lalai mengisi air aki, dan aki menjadi kering, maka sangat fatal akibatnya. Fungsi atau kinerja kendaraan tentu bisa terganggu. Jika menggunakan aki Motobatt, Anda sudah tidak perlu repot mengurusi hal ini. Namun demikian, aki basah memang lebih ekonomis dan servisnya mudah.

Universal

Aki Motobatt ini juga memiliki kelebihan yaitu bisa digunakan secara universal. Sehingga apapun jenis motor Anda, Anda bisa menggunakan aki Motobatt ini. Hal ini dikarenakan adanya spacer di bagian bawah aki sehingga bisa dipakai untuk motor jenis apapun. Bahkan, ada model yang menggunakan empat terminal yang cocok digunakan untuk motor yang telah dimodifikasi kelistrikannya. Aki khusus motor ini memiliki kapasitas beragam. Mulai 5 hingga 33 ampere. Jenisnya pun mulai kelas eksklusif seperti BMW, Ducati hingga Honda, Yamaha, Suzuki dan lain sebagainya.

Harga

Untuk harga, tentu saja menyesuaikan dengan ukuran amperenya. Untuk ampere terendah, yakni 5 ampere, dibanderol dengan harga di bawah Rp. 200.000. Untuk yang ampere tertinggi yakni 33 ampere, dijual dengan harga sekitar Rp. 2,5 jutaan.